November 21, 2010

SAHABAT SEJATI emang SELALU DIHATI

Persahabatan…. dan persahabatan….., mungkin sepenggal kata ini memang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, kita tidak pernah menyadari bagaimana awal ternyadinya suatu persahabatan, atau bahkan bagaimana pada akhirnya suatu persahabatan itu harus berakhir begitu saja. 

Dan cobalah untuk merenungkan kembali, bahwa suatu persahabatan itu tidaklah terjadi secara spontanitas. Semuanya membutuhkan sebuah proses, dan bahkan proses itu sangat begitu panjang dan juga penuh dengan perjuangan. Banyak cerita yang terukir dalam sebuah persahabatan, baik itu cerita suka maupun duka. Tidak selamanya perjalanan dalam persahabatan itu dapat berjalan dengan mulus, kadang kala perasaan sebel muncul pada saat kita memiliki beda pendapat dengan salah seorang teman, atau sebel karena si teman tiba-tiba menjadi cuek saat kita membutuhkan suportnya. Selain itu kadang perasaan BT juga hadir ketika seorang teman tiba-tiba saja membatalkan perjanjian secara tiba-tiba,  atau bahkan perasaan lelah ketika kita harus menghadapi sikap seorang teman yang kadang membuat kita merasa jengkel atau lelah karena ketika kita harus menunggu lama si teman disuatu tempat dan ditambah dia tidak menyadari kesalahan yang telah dia lakukan. Semua perasaan itu muncul begitu saja saat-saat kita menjalani hari-hari bersama teman-teman. Tetapi tahukan kalian, justru kejadian itulah yang akan membuat sebuah persahabatan menjadi sangat berarti dan selalu terkenang didalam benak memori kita.

Persahabatan berawal dari sebuah proses pertemanan kemudian berubah menjadi seorang sahabat.  Proses yang dilakukan juga membutuhkan sebuah usaha untuk selalu bisa menjaga kesetiaan, kekompakan, dan keakraban dalam menjalani hari. Persahabatan itu dapat terjadi bukan bagaimana caranya agar kita dapat diperhatikan, disayangi, atau selalu ditolong bahkan disuport saat ada masalah. Tapi, persahabatan itu akan terjalin dengan baik, jikalau kita memulai untuk memberikan perhatian, kasih sayang, dan support kepada seorang sahabat yang membutuhkan tanpa harus meminta (dengan kata lain kita harus peka terhadap sikon sahabat kita).

Kerinduan untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan sahabat adalah menjadi suatu bagian yang sangat berarti dalam kehidupan sahabat lainnya. Karena persahabatan berawal dari sebuah kasih sayang bukan egoistis semata. Dan percayalah bahwa semua orang yang ada didunia ini pasti sangat membutuhkan sahabat sejati untuk hadir dalam kehidupannya, tetapi menemukan seorang sahabat sejati tidaklah semudah kita membalikkan telapak tangan. Dan tidak sedikit orang yang telah menjalani indahnya kebersamaan suatu persahabatan, namun pada akhirnya harus berakhir karena suatu kesalahan atau tindakan yang sia-sia.  Jadi, kalau teman-teman tetap ingin persahabatan dapat terjalin maka hindarilah hal-hal yang kemungkinan bisa membuat sebuah persahabatan itu hancur seperti :
  • Jangan menjadi seorang sahabat yang hanya memikirkan soal materialitas ( dengan kata lain, hanya peduli ke sahabat lainnya karena materi)
  • Jadilah seorang sahabat yang selalu terbuka jikalau memiliki suatu masalah (tapi, tergantung jikalau masalah tersebut memang tidak terlalu private banget)
  • Jadilah seorang sahabat yang selalu bisa menjaga sebuah kepercayaan yang telah diberikan oleh sahabat kita (dengan kata lain, jagalah masalah privasi sahabat kita. Jangan sampai orang yang tidak perlu tahu menjadi tahu)
  • Jadilah seorang sahabat yang selalu setia saat sahabat membutuhkan kita sebagai tempat untuk saling berbagi cerita. 
           
Nah….., tuh dia sih sebenarnya syarat dasar agar sebuah persahabatan itu dapat selalu terjalin. Kalau dipikir-pikir sepertinya syaratnya gampang banget, tapi padahal jikalau dalam prakteknya tidaklah semudah yang kita pikirkan saat ini (hayoooo….. emang lagi mikirin apa…???) Hehehe…… ^_^ 

           Intinya jadilah sahabat yang baik terlebih dahulu, baru deh tar orang lain akan menjadi sahabat yang baik pula terhadap kita. Gimana masih mau tetap dekat dengan sahabat sejatinya kan…..??? Oya, ingat jagalah persahabatan temen-temen yang sampai sekarang masih terjalin ya. Karena lebih sulit menjaga atau mempertahankan sebuah persahabatan daripada membentuknya. Bagimanapun persahabatan itu adalah seperti sebuah keluarga kecil bagi kehidupan kita yang harus selalu dijaga.

2 komentar: